Efek salju

Minggu, 08 April 2012

Cara Membersihkan Virus Dari Penyimpanan Eksternal

==Untuk membersihkan virus dari perangkat penyimpan data eksternal (USB, Memory Card,dll), ikuti langkah berikut :==
Catatan : Jangan melakukan penghapusan virus shortcut melalui Windows Explorer atau My Computer, karena virus ini dapat berjalan ketika Anda menampilkan isi dalam Perangkat Penyimpan Data Anda. Lakukan melalui Command Prompt atau bantuan Aplikasi lain.
1.     Masuk ke run… Lalu ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), lalu tekan enter pada kibor
2.     Perhatikan di My Computer, Perangkat penyimpan data Anda dikenal sebagai drive apa. Misalnya “E:” atau “F:” atau “G:” , dst.
3.     Pada Command Prompt, ketik drive Perangkat Anda. Contoh : “F:” (tanpa tanda kutip). Lalu tekan enter pada kibor. Sekarang Anda sudah berada di drive Perangkat Penyimpan Data Anda.
4.     Lalu pada Command Prompt, ketik dan jalankan sesuai urutan berikut (setelah ketik perintah, tekan enter pada kibor) :
o    attrib –h –s /s /d      (digunakan untuk menampilkan data yang telah disembunyi virus)
Tunggu hingga proses selesai. Proses ini tergantung banyaknya data dalam perangkat Anda. Semakin banyak data, semakin lama waktu yang dibutuhkan.
o    del /f *.lnk            (digunakan untuk menghapus file-file shortcut yang dibuat oleh virus)
o    del /f ert.dll         (menghapus file rootkit virus)
o    del /f *.tmp          (menghapus file induk virus)
o    del /f [nama_virus].exe         (untuk yang satu ini, mungkin dapat anda lakukan langsung melalui Windows Explorer atau My Computer saja. Yang penting, jika ada file yang tidak Anda kenali/ asing, yang memiliki ekstensi *.exe, silahkan dihapus saja)
5.     Virus dalam Perangkat Penyimpan Data Anda sudah terhapus dan data Anda sekarang sudah dapat digunakan.
Untuk pencegahan, Silahkan Update Windows Anda. Atau dapat menggunakan sebuah tool dari Sophos. Download di sini – Sophos -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar